Visi PT Adaro Indonesia adalah menjadi
kelompok perusahaan Tambang & Energi yang terkemuka di Indonesia. Visi
tersebut diterjemahkan dalam visi CSR PT Adaro Indonesia yaitu Tumbuh
Berkembang Bersama Masyarakat, dengan visi ini maka PT Adaro Indonesia selalu
berupaya meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi serta mengurangi dampat
negatif kepada masyarakat sekitar tambang.
PT Adaro Indonesia menyadari sumber daya
alam berupa batubara mempunyai sifat tidak dapat diperbaharui (unrenewable)
oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan pemanfaatan secara bijak dan efisien
agar bermanfaat bagi seluruh stakeholder, termasuk masyarakat di seitar wilayah
tambang
PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan di
bidang pertambangan batubara, sejak awal berkomitmen untuk menjadi mitra dan
tetangga yang baik bagi masyarakat di sekitar wilayah tambang dan Pemerintah
daerah.
Dengan prinsip saling menghormati,
kemitraan, komitmen jangka panjang
berkesinambungan, PT Adaro Indonesia mewujudkan kebijakan perusahaan
melalui 4 (empat) pilar Program
Community Development yaitu
1.
Pengembangan Bidang Ekonomi
2.
Pengembangan Bidang Pendidikan
3.
Pengembangan Bidang Kesehatan
4.
Pengembangan Bidang Sosial Budaya
Empat Program Community Development PT
Adaro Indonesia itu bertujuan untuk memberikan manfaat bagi peningkatan
kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar wilayah perusahaan sehingga
PT Adaro Indonesia dapat dianggap sebagai asset yang harus dijaga bersama
kelangsungan operasinya.
Community Development dilaksanakan
berdasarkan masalah atau kebutuhan masyarakat setempat. Beberapa masalah yang
biasanya di tangani berkaitan dengan masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan dan
sosial budaya. Perumusan masalah dilakukan dengan menggunakan penelitian (survey,
wawancara, observasi), diskusi kelompok, rapat desa, serta masukan-masukan dari
pihak yang dianggap mengetahui permasalahan.
Setelah masalah dapat diidentifikasi di
sepakati sebagai prioritas yang perlu segera ditangani maka dirumuskanlah
program penanganan masalah tersebut.
Agar program dapat dilaksanakan dengan
baik dan keberhasilannya dapat diukur perlu di rumuskan apa tujuan dari program
yang telah ditetapkan. Tujuan yang baik memiliki karakteristik jelas dan
spesifik sehingga tercermin bagaimana cara mencapai tujuan tersebut sesuai
dengan dana, waktu dan tenaga yang tersedia.
Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk
memantau proses dan hasil pelaksanaan program. Apakah program dapat
dilaksanakan sesuai dengan strategi dan jadwal kegiatan? Apakah program sudah
mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan? Suatu kegiatan indikator
keberhasilan.
Yang terlibat dalam program CSR PT Adaro
Indonesia adalah unsur Perusahaan, unsur pemerintah dan unsur masyarakat.
Manfaat
bagi masyarakat
·
Terciptanya peluang usaha dan lapangan
kerja
·
Tersedianya sumber pembiayan bagi UKM
·
Tersedianya mitra pendamping
·
Tersedianya layanan kesehatan gratis
·
Tersedianya bantuan sarana dan prasarana
pendidikan
·
Tersedianya bantuan-bantuan untuk bidang sosial
Manfaat
bagi Perusahaan
·
Terciptanya hubungan harmonis antara
perusahaan-masyarakat-pemerintah
·
Meningkatkan image perusahaan
·
Terjaminnya keberlangsungan operasional
Manfaat
bagi Pemerintah Setempat
·
Terbantunya program pembangunan daerah
·
Terbantunya program penciptaan peluang
usaha dan kesempatan kerja
·
Terbantunya program peningkatan SDM dan
kualitas pendidikan
·
Terbantunya program peningkatan derajat
kesehatan masyarakat
·
Terbantunya program bidang keagamaan,
pemuda olah raga dan kesenian daerah
Sebagai wujud tanggung jawab terhadap
lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar tambang, PT Adaro Indonesia
selalu berupa meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi serta mengurangi dampak
negatif kepada masyarakat sekitar tambang.
Dalam upaya tersebut salah satu upaya yang
telah di lakukan adalah program pembangunan masyarakat yang memperhatikan
potensi dan budaya lokal serta tujuan pembangunan secara keseluruhan. Dengan
pola seperti ini maka akan muncul prakarsa masyarakat untuk mau memanfaatkan
potensi yang ada pada diri dan lingkungannya, sehingga pada akhirnya dapat
terwujud masyarakat yang memiliki kemandirian ekonomi, kemandirian intelektual dan
kemandirian manajemen.
Kebijakan CSR PT Andaro Indonesia untuk
stakeholder lainnya (misalnya karyawan, customer, konsumen dan lainnya. PT
Adaro Indonesia sebagai perusahaan pertambangan senantiasa berusaha untuk
1. Memuaskan
kebutuhan pelanggan
2. Mengembangkan
Karyawan
3. Menjalin
Kemitraan dengan pemasok
4. Mendukung
pembangunan Masyarkat dan Negara
5. Mengutamakan
keamanan dan kelestarian lingkungan
6. Memaksimalkan
nilai bagi Pemegang Saham
PT Adaro Indonesia melibatkan partisipasi
stakeholders lainnya. Kondisi masyarakat yang terus berkembang serta perubahan
politik di dalam negeri, telah melahirkan paradigma baru dalam perumusan dan
pelaksanaan program community development, dimana program CD tidak hanya
ditentukan sepihak oleh perusahaan, tetapi berdasarkan penelitian komprehensif
oleh lembaga independen tentang berbagai hal yang terkait dengan kepentingan
masyarakat setempat. Oleh karena itu rumusan program pengembangan masyarakat
merupakan refleksi kondisi riil dan keinginan masyarakat setempat yang dalam
pelaksanaanya memerlukan peran serta masyarakat secara aktif.
PT Adaro Indonesia sejak awal berkomitmen
untuk menjadi tetangga yang baik, sehingga dapat tumbuh berkembang bersama
masyarakat. Tanggung jawab sosial dunia usaha telah menjadi suatu kebutuhan
yang dirasakan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Tanggung
jawab sosial terus berkembang sebagai etika bisnis di lingkungan dunia usaha
yang didasari oleh nilai etika, norma, regulasi dan hukum yang pada gilirannya
menjadi tuntutan moral dunia usaha terhadap linkungannya.
Sumber: Formulir dan Dokumen Pendukung
Indonesia CSR Awards 2008, PT Adaro Indonesia
Dear, Bapak / Ibu
ReplyDeletePurchasing Dept / Bagian Import
Perkenalkanlah kami , Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU mengajukan penawaran Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya : PT. SUN Logistics Indonesia
- Service Kami :
- Air & Sea Freight (LCL & FCL)
- Bonded Warehousing
- Customs Clearance
- Door To Door Service
- Domestics Service
- Undername / Consignee
- Borongan / All-In
- Trucking
- Transfer EDI / PIB
- Import Sea Freight & Air Freight Service
- Export Sea Freight & Air Freight Service
- Import Consolidation
Untuk jenis barang yang ada izin di import ke perusahaan kami (Undername / Consignee) HS Kode : 2403 s/d 2801, 3826 s/d 3901, 4017 s/d 4601, 8401 s/d 8548 dan lainnya, Serta izin dari Comonity barang tersebut.
Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainnya.
Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainnya.
Thank & Regards
Agus
Untuk informasi lebih lanjut dapat mehubungi kami :
PT. SUN Logistics Indonesia
Jl. Cipinang Muara Raya No. 19 Jakarta Timur 13420 – Indonesia
Mobile : 0852 0657 9600 (WA)
Phone : 021 – 860 3191 (Hunting)
Fax : 021 – 860 3196
E-mail : import.sun328@gmail.com