Wednesday, 24 December 2014

PT ADARO INDONESIA



Visi PT Adaro Indonesia adalah menjadi kelompok perusahaan Tambang & Energi yang terkemuka di Indonesia. Visi tersebut diterjemahkan dalam visi CSR PT Adaro Indonesia yaitu Tumbuh Berkembang Bersama Masyarakat, dengan visi ini maka PT Adaro Indonesia selalu berupaya meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi serta mengurangi dampat negatif kepada masyarakat sekitar tambang.

PT Adaro Indonesia menyadari sumber daya alam berupa batubara mempunyai sifat tidak dapat diperbaharui (unrenewable) oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan pemanfaatan secara bijak dan efisien agar bermanfaat bagi seluruh stakeholder, termasuk masyarakat di seitar wilayah tambang

PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan di bidang pertambangan batubara, sejak awal berkomitmen untuk menjadi mitra dan tetangga yang baik bagi masyarakat di sekitar wilayah tambang dan Pemerintah daerah.

Dengan prinsip saling menghormati, kemitraan, komitmen jangka panjang  berkesinambungan, PT Adaro Indonesia mewujudkan kebijakan perusahaan melalui 4 (empat)  pilar Program Community Development yaitu

1. Pengembangan Bidang Ekonomi
2. Pengembangan Bidang Pendidikan
3. Pengembangan Bidang Kesehatan
4. Pengembangan Bidang Sosial Budaya

Empat Program Community Development PT Adaro Indonesia itu bertujuan untuk memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar wilayah perusahaan sehingga PT Adaro Indonesia dapat dianggap sebagai asset yang harus dijaga bersama kelangsungan operasinya.

Community Development dilaksanakan berdasarkan masalah atau kebutuhan masyarakat setempat. Beberapa masalah yang biasanya di tangani berkaitan dengan masalah ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya. Perumusan masalah dilakukan dengan menggunakan penelitian (survey, wawancara, observasi), diskusi kelompok, rapat desa, serta masukan-masukan dari pihak yang dianggap mengetahui permasalahan.

Setelah masalah dapat diidentifikasi di sepakati sebagai prioritas yang perlu segera ditangani maka dirumuskanlah program penanganan masalah tersebut.

Agar program dapat dilaksanakan dengan baik dan keberhasilannya dapat diukur perlu di rumuskan apa tujuan dari program yang telah ditetapkan. Tujuan yang baik memiliki karakteristik jelas dan spesifik sehingga tercermin bagaimana cara mencapai tujuan tersebut sesuai dengan dana, waktu dan tenaga yang tersedia.

Monitoring dan evaluasi dilakukan untuk memantau proses dan hasil pelaksanaan program. Apakah program dapat dilaksanakan sesuai dengan strategi dan jadwal kegiatan? Apakah program sudah mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan? Suatu kegiatan indikator keberhasilan.

Yang terlibat dalam program CSR PT Adaro Indonesia adalah unsur Perusahaan, unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

Manfaat bagi masyarakat
·         Terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja
·         Tersedianya sumber pembiayan bagi UKM
·         Tersedianya mitra pendamping
·         Tersedianya layanan kesehatan gratis
·         Tersedianya bantuan sarana dan prasarana pendidikan
·         Tersedianya bantuan-bantuan untuk bidang sosial


Manfaat bagi Perusahaan
·         Terciptanya hubungan harmonis antara perusahaan-masyarakat-pemerintah
·         Meningkatkan image perusahaan
·         Terjaminnya keberlangsungan operasional
Manfaat bagi Pemerintah Setempat
·         Terbantunya program pembangunan daerah
·         Terbantunya program penciptaan peluang usaha dan kesempatan kerja
·         Terbantunya program peningkatan SDM dan kualitas pendidikan
·         Terbantunya program peningkatan derajat kesehatan masyarakat
·         Terbantunya program bidang keagamaan, pemuda olah raga dan kesenian daerah

Sebagai wujud tanggung jawab terhadap lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat sekitar tambang, PT Adaro Indonesia selalu berupa meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi serta mengurangi dampak negatif kepada masyarakat sekitar tambang.

Dalam upaya tersebut salah satu upaya yang telah di lakukan adalah program pembangunan masyarakat yang memperhatikan potensi dan budaya lokal serta tujuan pembangunan secara keseluruhan. Dengan pola seperti ini maka akan muncul prakarsa masyarakat untuk mau memanfaatkan potensi yang ada pada diri dan lingkungannya, sehingga pada akhirnya dapat terwujud masyarakat yang memiliki kemandirian ekonomi, kemandirian intelektual dan kemandirian manajemen.

Kebijakan CSR PT Andaro Indonesia untuk stakeholder lainnya (misalnya karyawan, customer, konsumen dan lainnya. PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan pertambangan senantiasa berusaha untuk

1.      Memuaskan kebutuhan pelanggan
2.      Mengembangkan Karyawan
3.      Menjalin Kemitraan dengan pemasok
4.      Mendukung pembangunan Masyarkat dan Negara
5.      Mengutamakan keamanan dan kelestarian lingkungan
6.      Memaksimalkan nilai bagi Pemegang Saham

PT Adaro Indonesia melibatkan partisipasi stakeholders lainnya. Kondisi masyarakat yang terus berkembang serta perubahan politik di dalam negeri, telah melahirkan paradigma baru dalam perumusan dan pelaksanaan program community development, dimana program CD tidak hanya ditentukan sepihak oleh perusahaan, tetapi berdasarkan penelitian komprehensif oleh lembaga independen tentang berbagai hal yang terkait dengan kepentingan masyarakat setempat. Oleh karena itu rumusan program pengembangan masyarakat merupakan refleksi kondisi riil dan keinginan masyarakat setempat yang dalam pelaksanaanya memerlukan peran serta masyarakat secara aktif. 

PT Adaro Indonesia sejak awal berkomitmen untuk menjadi tetangga yang baik, sehingga dapat tumbuh berkembang bersama masyarakat. Tanggung jawab sosial dunia usaha telah menjadi suatu kebutuhan yang dirasakan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Tanggung jawab sosial terus berkembang sebagai etika bisnis di lingkungan dunia usaha yang didasari oleh nilai etika, norma, regulasi dan hukum yang pada gilirannya menjadi tuntutan moral dunia usaha terhadap linkungannya.  

Sumber: Formulir dan Dokumen Pendukung Indonesia CSR Awards 2008, PT Adaro Indonesia


1 comment:

  1. Dear, Bapak / Ibu
    Purchasing Dept / Bagian Import

    Perkenalkanlah kami , Salah satu perusahaan International Freight Forwarding EMKL / EMKU mengajukan penawaran Jasa Handling Import baik via pelabuhan Tanjung priok atau via Bandara Soekarno Hatta. Serta pelabuhan Nusantara lainnya : PT. SUN Logistics Indonesia

    - Service Kami :
    - Air & Sea Freight (LCL & FCL)
    - Bonded Warehousing
    - Customs Clearance
    - Door To Door Service
    - Domestics Service
    - Undername / Consignee
    - Borongan / All-In
    - Trucking
    - Transfer EDI / PIB
    - Import Sea Freight & Air Freight Service
    - Export Sea Freight & Air Freight Service
    - Import Consolidation

    Untuk jenis barang yang ada izin di import ke perusahaan kami (Undername / Consignee) HS Kode : 2403 s/d 2801, 3826 s/d 3901, 4017 s/d 4601, 8401 s/d 8548 dan lainnya, Serta izin dari Comonity barang tersebut.
    Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainnya.
    Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainnya.

    Thank & Regards
    Agus

    Untuk informasi lebih lanjut dapat mehubungi kami :

    PT. SUN Logistics Indonesia
    Jl. Cipinang Muara Raya No. 19 Jakarta Timur 13420 – Indonesia
    Mobile : 0852 0657 9600 (WA)
    Phone : 021 – 860 3191 (Hunting)
    Fax : 021 – 860 3196
    E-mail : import.sun328@gmail.com

    ReplyDelete