Wednesday 1 January 2014

USAHA MIKRO DAN USAHA KECIL MENINGKATKAN KEMAMPUAN DI BIDANG EKONOMI




Abstrak
 
Penelitian yang dilakukan berdasarkan penelitian survey. Untuk mendapatkan kesimpulan dilakukan analisis data dari data primer yang diproses melalui wawancara langsung pada responden Usaha Mikro dan Usaha Kecil

Bab 1. Latar Belakang 
Satu hal yang harus diakui bersama bahwa usaha mikro dan kecil mempunyai peran yang sangat strategis. Studi-studi yang dilakukan dibeberapa Negara menunjukan bahwa usaha mikro dan usaha kecil  mempunyai peranan yang cukup besar bagi pertumbuhan ekonomi, menyerap tenaga kerja melalui penciptaan lapangan pekerjaan, menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, mengatasi masalah kemiskinan, merupakan salah satu komponen utama dalam pengembangan ekonomi lokal dan yang tidak kalah penting telah memberdayakan kaum perempuan dalam meningkatkan bargaining position perempuan dan keluarga.
Namun yang perlu menjadi perhatian utama, usaha mikro dan usaha kecil sangat diminati oleh kaum perempuan karena dapat mendukung ekonomi keluarga, meningkatkan aktualitas diri dan membuka peluang peningkatan kualitas kesejahteraan keluarga.

Permasalahan Penelitian
Usaha kecil memegang peranan penting bagi perekonomian , terlihat dari persentase kontribusi sektor usaha ini terhadap pendapatan nasional dan daya serap tenaga kerja yang cukup tinggi. Pengembangan usaha kecil sangat diperlukan agar tercipta lapangan kerja baru dan mengurangi ketergantungan perekonomian pada sektor formal. Tetapi umumnya masalah permodalan menjadi penghambat kemajuan usaha ini. Adanya kesepakatan bersama antara pihak pemerintah, Bank Indonesia, dengan organisasi perempuan dan koperasi menjadi altenatif sumber permodalan usaha kecil. Agar fasilitas kredit dapat disalurkan tepat kepada pengasuh usaha kecil yang mempunyai masalah permodalan, diperlukan informasi tentang usaha kecil itu sendiri, seberapa jauh peran serta perempuan  dalam usaha kecil.

Batasan Masalah
Menggali informasi dan mencatat usaha mikro dan usaha kecil di tingkat kabupaten /kota atas dasar peta kemiskinan nasional dan daerah. Informasi yang akan menjadi acuan utama ini akan digali lebih lanjut ditingkat individu pada daerah potensi berkumpulnya usaha mirko dan usaha kecil.


Manfaat Penelitian
Memperoleh informasi lapangan tentang  perempuan yang melakukan usaha mikro dan usaha kecil yang menerima atau tidak menerima bantuan/permodalan beserta permasalahannya
Memperoleh informasi secara umum tentang keterlibatan perempuan dalam usaha mikro dan usaha kecil dalam rangka meningkatkan ekonomi  keluarga.
Memperoleh alternative peningktan kemampuan dan peran perempuan dalam pengembangan usaha kecil menengah.

Landasan Terori
Berdasarkan undang-undang no 20 tahun 2008 tentang usaha mikro,kecil dan menengah.

Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau
cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.

Hipotesa

Usaha Mikro dan Usaha Kecil dapat  meningkatkan pendapatan tenaga kerja perempuan dan keluarga

Produktivitas, tenaga kerja, modal dan jumlah usaha mikro dan kecil berpengaruh positif terhadap nilai output dari usaha mikro dan usaha kecil

Analisis Data

Analisis yang gunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif.


Daftar Pustaka
Teknologi Informasi dan pelatihan, DINAMIKA INFORMATIKA – Vol I No 1, Maret 2009
DINAMIKA INFORMATIKA – Vol I No 1, Maret 2009 ISSN : 2085-3343
Studi Peran Perempuan Dalam Pengembangan Usaha Kecil Menengah Melalui Teknologi Informasi
di Kota Pekalongan

www.menegpp.go.id/.../produk-bidang-ekonomi?...pe...
www.depkop.go.id/index.php?option=com...id...
www.danabergulir.com/...perundangan/undang-undang...

No comments:

Post a Comment